Probolinggo, MAJALAH-GEMPUR.COM. Untuk memberikan
pelayanan prima kepada masyarakat, Satlantas Kabupaten Probolinggo melakukan berbagai
terobosan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan tersebut
berupa pembuatan Surat Ijin Mengemudi dengan Kendaraan SIM keliling dan pendaftaran
sistim online serta pengaturan arus lalulintas selama 24 jam.
Beroperasinya
unit kendaraan SIM keliling ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan
manfaatnya. Pasalnya kendaraan operasional ini dapat menjangkau sampai ke lokasi
yang terpencil, sehingga para pemohon SIM tidak perlu jauh-jauh lagi mendatangi
kantor Satlantas Probolinggo.
Adanya kendaraan
unit SIM Keliling yang secara berkala akan dioperasikan ini, diharapkan juga dapat
meminimalisir kunjungan pemohon ke kantor Satlantas. Ini satu bentuk kepedulian
tugas yang selalu menjadi prioritas Satlantas demi mempermudah masyarakat dalam
mengurus keperluan pembuatan surat ijin berkendara.
Disamping
itu biaya yang disediakan pemohon dapat ditekan, mereka tidak perlu
mengeluarkan biaya transportasi lagi, karena layanan pembuatan SIM telah
tersedia ditempat tinggalnya. Ungkap Baur SIM Satlantas Kabupaten Probolinggo,
Aiptu Mudri saat ditemui Gempur Senin, (25/6) diruang kerjanya.

Terobosan lain
yang juga tidak kalah menarik adalah kegiatan Satpas yang saat ini memberlakukan
Pembuatan SIM secara Online. Pembuatan perpanjangan SIM secara online ini khususnya
bagi perpanjangan SIM A dan SIM C, Pemohon cukup datang ke kantor Satpas dan
masuk ke loket yang telah disediakan dengan hanya membawa foto copy KTP, dan
SIM lama masing-masing 2 lembar. Kemudian membayar PNBP (PP No.50 tahun 2010)
sesuai golongan SIM pemohon. Langkah selanjutnya pemohon tinggal datang ke
kantor lagi maksimal satu minggu setelah pendaftaran online.
bukan hanya membuat
terobosan untuk mempermudah pelayanan pembuatan SIM saja, tetapi Satlantas menurut
Kepala Satuan lalu Lintas (Kasatlantas) AKP Warih Hutomo, SH juga memberikan
pelayanan pengaturan arus alur lalu lintas di sepanjang wilayah Kabupaten
Probolinggo selama hampir 24 jam dan selalu terkoordinasi, terlebih saat jam
sibuk pada di pagi hari.
Untuk itu kami
tekankan setiap agar anggota melaksanakan tugas ini dengan baik, terutama pada
pagi hari saat jam-jam sibuk pada titik-titik tertentu terlebih dipusat
kegiatan yang menjadi pusat konsentrasi massa seperti disekitar lokasi sekolah
dan pusat-pusat keramaian lainnya.” Jelas
AKP Warih Hutomo.
Meski
demikian kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan
ini, sesuai kemampuan yang kami miliki dan tetap akan berusaha bekerja professional
sesui motto yang kami miliki “Setulus hati pelayanan kami untuk kepuasan anda.”.
Semoga terobosan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pungkasnya (Abdur
Rahman)